Kamis, 08 September 2016

Teks Ulasan

Teks Ulasan : 5 cm

1.        Judul                    : 5 cm.
2.        Pengarang            : Donny Dhirgantoro
3.        Penerbit                : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
4.        Tahun Terbit         : 2005
5.        Tebal                    : 381 halaman

Donny Dhirgantoro, orang biasa yang terus berjuang untuk impiannya menjadi seorang penulis. Pada tahun 2008 memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya di sebuah Bank Swasta dan menjadi penulis, pilihan pekerjaan yang masih harus terus ia perjuangkan sampai sekarang.
5 cm adalah pengalaman pribadinya bersama sahabat-sahabatnya mendaki puncak Mahameru, yang ia tuangkan ke dalam tulisan. Novel ini terbit pada 21 Mei 2005, dan dengan izin yang Mahakuasa terus dicetak ulang sampai sekarang. Novel ini juga sudah diagkat ke layar lebar dan tayang pada 12 Desember 2012.
2 Juli 2011, ia meluncurkan buku keduanya yang berjudul 2, kembali ia mengangkat tema anak muda, tentang seorang perempuan Indonesia bernama Gusn Annisa Puspita berjuang untuk dirinya, keluarganya, dan bangsanya. Novel ini juga dapat diterima oleh pembacanya dengan baik.
Profesinya sebagai penulis telah membawanya berkeliling kampus, toko buku, dan acara-acara buku, hampir di seluruh Indonesia. Berbagi pengalaman yang menyenangkan kepada anak muda Indonesia tentang dunia tulis-menulis. Mulai dari bagaimana awal memperjuangkan sebuah tulisan untuk bisa diterbitkan, dan bagaimana terus bekerja keras menjalani pilihan profesi sebagai penulis di Indonesia.
Donny Dhirgantoro akan terus menulis untuk anak muda Indonesia dengan segala keceriaannya, semangatnya, impiannya, idealismenya, dan cintanya. Karena jauh dalam hatinya dan dekat di depan keningnya, seorang Donny Dhirgantoro percaya bahwa anak muda Indonesia adalah “keajaiban” dari Tuhan untuk Indonesia yang lebih baik nantinya.


Jika ingin menghubung penulis, dapat melalui:
a.       Twiiter : @donny5cm
b.      Email : 5cm.dreams@gmail.com
c.       www.5cm-legacy.com
d.      Komunitas Pembaca (Facebook Group) : Sahabat 5 cm
e.       Manajemen : 0821-12-746-559 (Hendra)

SINOPSIS :
Buku 5 cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak muda yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun, mereka diantaranya bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Mereka adalah sahabat yang kompak, memiliki obsesi dan impian masing- masing, mereka selalu pergi bersama dan bertemu setiap saat. Karena bosan bertemu setiap hari, akhirnya mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan.
Selama tiga bulan berpisah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Arial yang jatuh cinta dengan teman fitnessnya, Riani yang sukses di tempat kerjanya, Ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsinya, Genta yang sukses sebagai EO sebuah pameran dan Zafran yang semakin tergila-gila dengan Arinda, adik kandung Arial. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka dengan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, “Mahameru”. Dan dalam perjalanan inilah mereka menemukan arti persahabatan yang sesungguhnya.

KELEBIHAN :
Kelebihan buku ini adalah ceritanya yang menarik, penuh semangat dan petualangan. Penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan alur cerita yang tidak membosankan sehingga pembaca ingin membaca buku ini sampai halaman terakhir. Dalam buku ini banyak kata-kata yang membuat kita terinspirasi. Seperti “Kalo kita yakin sama sesuatu, kita Cuma harus percaya, terus berusaha bangkit dari kegagalan, jangan pernah menyerah dan taruh keyakinan itu disini…jangan menempel di kening. Biarkan dia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu… Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…”
Dalam ceritanya, diselipkan lagu-lagu yang sesuai dengan suasana yang sedang terjadi, sehingga membuat kita semakin terhanyut dalam cerita. Ditambah lagi dengan penggambaran setting waktu dan tempat yang sangat detail tetapi tidak berlebihan seakan membuat seolah kita ikut terlibat di dalamnya, seperti perjalanan mereka dari Jakarta (stasiun Senen) sampai ke atas puncak Mahameru. Pembaca bagaikan berada di sana, merasakan dinginnya Ranu Pane, indahnya Ranu Kumbolo, mistisnya Kalimati, dan menakjubkannya puncak Mahameru. Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuatnya menjadi nyata.

KEKURANGAN :
Kekurangan dalam buku ini adalah cerita akhir novel ini terasa begitu dipaksakan dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut ditambah dengan keturunan mereka yang begitu sama mewarisi sifat-sifat orangtuanya dan semuanya sebaya, seumuran. Selain itu juga, akan lebih baik apabila dalam novel tersebut diisi gambar. Terutama pada bagian yang menjelaskan tentang perjalanan mereka ke puncak Mahameru. Alangkah baiknya dalam novel diisi gambar Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan Kalimati, beserta pemandangan di Puncak Mahameru. Hal itu akan membuat pembaca lebih tertarik dan memahami betapa indahnya alam Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Reaksi Redoks dan Elektrokimia